Press "Enter" to skip to content

Penggagas Sulsel Sehat Prof Abdul Razak Thaha Siap Mewakili Rakyat di DPR Pusat

KABARCALEG.COM – Penggagas Gerakan Sulsel Sehat Prof. Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc yang akrab dipanggil Prof Atja kembali menegaskan kesiapannya menjadi wakil rakyat Sulawesi Selatan di DPR Pusat melalui Partai PDI-Perjuangan Dapil Sulsel 1 Nomor Urut 2.

Hal tersebut dikatakannya di sela-sela kegiatan Bakti Sosial dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil dan balita oleh tim medis Gerakan Sulsel Sehat pada sejumlah titik di Kota Makassar, Senin (25/03/2019).

Sosok Prof Atja yang selama ini dikenal luas sebagai guru besar di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin adalah satu dari sedikit akademisi yang memilih berkiprah di dunia politik dalam rangka mengawal kebijakan pemerintahan.

Ini adalah ikhtiar politik saya yang puluhan tahun aktif sebagai akademisi, khususnya di bidang kesehatan masyarakat. Sudah saatnya saya mewakafkan perjuangan saya untuk masyarakat Indonesia yang lebih luas“, kata Prof Atja saat ditanyakan motivasinya maju sebagai seorang calon anggota legislatif DPR pusat.

Menurutnya, pembangunan kesehatan mesti dikawal lebih baik di masa-masa mendatang, terutama oleh orang yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang kesehatan itu sendiri.

Tanpa dukungan oleh ahli kesehatan, maka dirinya mengkhawatirkan pembangunan kesehatan masih akan selalu jauh dari tujuan utamanya untuk menyehatkan rakyat.

Hal ini juga yang mendasari beliau menggalang sejumlah organisasi profesi kesehatan dan lembaga mahasiswa kesehatan untuk mendeklarasikan Gerakan Sulsel Sehat, 27 Januari 2019 lalu.

Saya merasa terpanggil dan siap mengawal isu-isu strategis pembangunan kesehatan di DPR RI, seperti pengentasan stunting dan masalah gizi, perbaikan sistem BPJS, dan pengarusutamaan aspek promotif-preventif dalam pembangunan kesehatan“, pungkas mantan Direktur Pascasarjana Unhas ini.

Untuk diketahui, Prof Atja maju sebagai calon anggota DPR-RI di Dapil Sulsel 1 yang meliputi Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan nomor urut 2. Selamat berjuang, Prof Atja! [**]